Training Marketing HandalTraining MotivasiTraining OutboundJual Kayu Khusus FirewalkTraining Entrepreneur
                             

Tuesday, May 7, 2013

Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah

oleh Michael H. Hart


010813 1503 PenyebabGag1 300x225 Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah







































































































Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Michael H. Hart, 1978

Terjemahan H. Mahbub Djunaidi, 1982

PT. Dunia Pustaka Jaya

Jln. Kramat II, No. 31A

Jakarta Pusat


kunjungi blog kami, klik Training Motivasi Indonesia


Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Michael H. Hart, 1978

Terjemahan H. Mahbub Djunaidi, 1982

PT. Dunia Pustaka Jaya

Jln. Kramat II, No. 31A

Jakarta Pusat



Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah



Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah
01. Nabi Muhammad34. Napoleon Bonaparte67. Hernando Cortes
02. Isaac Newton35. Adolf Hitler68. Ratu Isabella I
03 Nabi Isa36. William Shakespeare69. William Sang Penakluk
04. Buddha37. Adam Smith70. Thomas Jefferson
05. Kong Hu Cu38. Thomas Edison71. Jean-Jacques Rousseau
06. St. Paul39. Antony Van Leeuwenhoek72. Edward Jenner
07. Ts’ai Lun40. Plato73. Wilhelm Conrad Rontgen
08. Johann Gutenberg41. Guglielmo Marconi74. Johann Sebastian Bach
09. Christopher Columbus42. Ludwig Van Beethoven75. Lao Tse
10. Albert Einstein43. Werner Heisenberg76. Enrico Fermi
11. Karl Marx44. Alexander Graham Bell77. Thomas Malthus
12. Louis Pasteur45. Alexander Fleming78. Francis Bacon
13. Galileo Galilei46. Simon Bolivar79. Voltaire
14. Aristoteles47. Oliver Cromwell80. John F. Kennedy
15. Lenin48. John Locke81. Gregory Pincus
16. Nabi Musa49. Michelangelo82. Sui Wen Ti
17. Charles Darwin50. Pope Urban II83. Mani
18. Shih Huang Ti51. Umar Ibn Al-Khattab84. Vasco Da Gama
19. Augustus Caesar52. Asoka85. Charlemagne
20. Mao Tse-Tung53. St. Augustine86. Cyrus Yang Agung
21 Jengis Khan54. Max Planck87. Leonhard Euler
22. Euclid55. John Calvin88. Niccolo Machiavelli
23. Martin Luther56. William T.G.Morton89. Zoroaster
24. Nicolaus Copernicus57. William Harvey90. Menes
25. James Watt58. Antoine Henri Becquerel91. Peter Yang Agung
26. Constantine Yang Agung59. Gregor Mendel92. Meng-Tse (Mencius)
27. George Washington60. Joseph Lister93. John Dalton
28. Michael Faraday61. Nikolaus August Otto94. Homer
29. James Clerk Maxwell62. Louis Daguerre95. Ratu Elizabeth I
30. Orville Wright & Wilbur Wright63. Joseph Stalin96. Justinian I
31. Antone Laurent Lavoisier64. Rene Descartes97. Johannes Kepler
32. Sigmund Freud65. Julius Caesar98. Pablo Picasso
33. Alexander Yang Agung66. Francisco Pizarro99. Mahavira


100. Neils Bohr

Sunday, May 5, 2013

Nabi Muhammad dalam urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh

Jatuhnya pilihan saya kepada Nabi Muhammad dalam urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh di dunia mungkin mengejutkan sementara pembaca dan mungkin jadi tanda tanya sebagian yang lain. Tapi saya berpegang pada keyakinan saya, dialah Nabi Muhammad satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih sukses-sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama maupun ruang lingkup duniawi.


Go Makkah 300x225 Nabi Muhammad dalam urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh


Berasal-usul dari keluarga sederhana, Muhammad menegakkan dan menyebarkan salah satu dari agama terbesar di dunia, Agama Islam. Dan pada saat yang bersamaan tampil sebagai seorang pemimpin tangguh, tulen, dan efektif. Kini tiga belas abad sesudah wafatnya, pengaruhnya masih tetap kuat dan mendalam serta berakar.


Sebagian besar dari orang-orang yang tercantum di dalam buku ini merupakan makhluk beruntung karena lahir dan dibesarkan di pusat-pusat peradaban manusia, berkultur tinggi dan tempat perputaran politik bangsa-bangsa. Muhammad lahir pada tahun 570 M, di kota Mekkah, di bagian agak selatan Jazirah Arabia, suatu tempat yang waktu itu merupakan daerah yang paling terbelakang di dunia, jauh dari pusat perdagangan, seni maupun ilmu pengetahuan. Menjadi yatim-piatu di umur enam tahun, dibesarkan dalam situasi sekitar yang sederhana dan rendah hati. Sumber-sumber Islam menyebutkan bahwa Muhamnmad seorang buta huruf. Keadaan ekonominya baru mulai membaik di umur dua puluh lima tahun tatkala dia kawin dengan seorang janda berada. Bagaimanapun, sampai mendekati umur empat puluh tahun nyaris tak tampak petunjuk keluarbiasaannya sebagai manusia.


Umumnya, bangsa Arab saat itu tak memeluk agama tertentu kecuali penyembah berhala Di kota Mekkah ada sejumlah kecil pemeluk-pemeluk Agama Yahudi dan Nasrani, dan besar kemungkinan dari merekalah Muhammad untuk pertama kali mendengar perihal adanya satu Tuhan Yang Mahakuasa, yang mengatur seantero alam. Tatkala dia berusia empatpuluh tahun, Muhammad yakin bahwa Tuhan Yang Maha Esa ini menyampaikan sesuatu kepadanya dan memilihnya untuk jadi penyebar kepercayaan yang benar.


Selama tiga tahun Muhammad hanya menyebar agama terbatas pada kawan-kawan dekat dan kerabatnya. Baru tatkala memasuki tahun 613 dia mulai tampil di depan publik. Begitu dia sedikit demi sedikit punya pengikut, penguasa Mekkah memandangnya sebagai orang berbahaya, pembikin onar. Di tahun 622, cemas terhadap keselamatannya, Muhammad hijrah ke Madinah, kota di utara Mekkah berjarak 200 mil. Di kota itu dia ditawari posisi kekuasaan politik yang cukup meyakinkan.


Peristiwa hijrah ini merupakan titik balik penting bagi kehidupan Nabi. Di Mekkah dia susah memperoleh sejumlah kecil pengikut, dan di Medinah pengikutnya makin bertambah sehingga dalam tempo cepat dia dapat memperoleh pengaruh yang menjadikannya seorang pemegang kekuasaan yang sesungguhnya. Pada tahun-tahun berikutnya sementara pengikut Muhammad bertumbuhan bagai jamur, serentetan pertempuran pecah antara Mektah dan Madinah. Peperangan ini berakhir tahun 630 dengan kemenangan pada pihak Muhammad, kembali ke Mekkah selaku penakluk. Sisa dua setengah tahun dari hidupnya dia menyaksikan kemajuan luar-biasa dalam hal cepatnya suku-suku Arab memeluk Agama Islam. Dan tatkala Muhammad wafat tahun 632, dia sudah memastikan dirinya selaku penguasa efektif seantero Jazirah Arabia bagian selatan.


Suku Bedewi punya tradisi turun-temurun sebagai prajurit-prajurit yang tangguh dan berani. Tapi, jumlah mereka tidaklah banyak dan senantiasa tergoda perpecahan dan saling melabrak satu sama lain. Itu sebabnya mereka tidak bisa mengungguli tentara dari kerajaan-kerajaan yang mapan di daerah pertanian di belahan utara. Tapi, Muhammadlah orang pertama dalam sejarah, berkat dorongan kuat kepercayaan kepada keesaan Tuhan, pasukan Arab yang kecil itu sanggup melakukan serentetan penaklukan yang mencengangkan dalam sejarah manusia. Di sebelah timurlaut Arab berdiri Kekaisaran Persia Baru Sassanids yang luas. Di baratlaut Arabia berdiri Byzantine atau Kekaisaran Romawi Timur dengan Konstantinopel sebagai pusatnya.


Ditilik dari sudut jumlah dan ukuran, jelas Arab tidak bakal mampu menghadapinya. Namun, di medan pertempuran, pasukan Arab yang membara semangatnya dengan sapuan kilat dapat menaklukkan Mesopotamia, Siria, dan Palestina. Pada tahun 642 Mesir direbut dari genggaman Kekaisaran Byzantine, dan sementara itu balatentara Persia dihajar dalam pertempuran yang amat menentukan di Qadisiya tahun 637 dan di Nehavend tahun 642.


Tapi, penaklukan besar-besaran –di bawah pimpinan sahabat Nabi dan penggantinya Abu Bakr dan Umar ibn al-Khattab– itu tidak menunjukkan tanda-tanda stop sampai di situ. Pada tahun 711, pasukan Arab telah menyapu habis Afrika Utara hingga ke tepi Samudera Atlantik. Dari situ mereka membelok ke utara dan menyeberangi Selat Gibraltar dan melabrak kerajaan Visigothic di Spanyol.


Sepintas lalu orang mesti mengira pasukan Muslim akan membabat habis semua Nasrani Eropa. Tapi pada tahun 732, dalam pertempuran yang masyhur dan dahsyat di Tours, satu pasukan Muslimin yang telah maju ke pusat negeri Perancis pada akhirnya dipukul oleh orang-orang Frank. Biarpun begitu, hanya dalam tempo secuwil abad pertempuran, orang-orang Bedewi ini -dijiwai dengan ucapan-ucapan Nabi Muhammad- telah mendirikan sebuah empirium membentang dari perbatasan India hingga pasir putih tepi pantai Samudera Atlantik, sebuah empirium terbesar yang pernah dikenal sejarah manusia. Dan di mana pun penaklukan dilakukan oleh pasukan Muslim, selalu disusul dengan berbondong-bondongnya pemeluk masuk Agama Islam.


Ternyata, tidak semua penaklukan wilayah itu bersifat permanen. Orang-orang Persia, walaupun masih tetap penganut setia Agama Islam, merebut kembali kemerdekaannya dari tangan Arab. Dan di Spanyol, sesudah melalui peperangan tujuh abad lamanya akhirnya berhasil dikuasai kembali oleh orang-orang Nasrani. Sementara itu, Mesopotamia dan Mesir dua tempat kelahiran kebudayaan purba, tetap berada di tangan Arab seperti halnya seantero pantai utara Afrika. Agama Islam, tentu saja, menyebar terus dari satu abad ke abad lain, jauh melangkah dari daerah taklukan. Umumnya jutaan penganut Islam bertebaran di Afrika, Asia Tengah, lebih-lebih Pakistan dan India sebelah utara serta Indonesia. Di Indonesia, Agama Islam yang baru itu merupakan faktor pemersatu. Di anak benua India, nyaris kebalikannya: adanya agama baru itu menjadi sebab utama terjadinya perpecahan.


Apakah pengaruh Nabi Muhammad yang paling mendasar terhadap sejarah ummat manusia? Seperti halnya lain-lain agama juga, Islam punya pengaruh luar biasa besarnya terhadap para penganutnya. Itu sebabnya mengapa penyebar-penyebar agama besar di dunia semua dapat tempat dalam buku ini. Jika diukur dari jumlah, banyaknya pemeluk Agama Nasrani dua kali lipat besarnya dari pemeluk Agama Islam, dengan sendirinya timbul tanda tanya apa alasan menempatkan urutan Nabi Muhammad lebih tinggi dari Nabi Isa dalam daftar. Ada dua alasan pokok yang jadi pegangan saya. Pertama, Muhammad memainkan peranan jauh lebih penting dalam pengembangan Islam ketimbang peranan Nabi Isa terhadap Agama Nasrani. Biarpun Nabi Isa bertanggung jawab terhadap ajaran-ajaran pokok moral dan etika Kristen (sampai batas tertentu berbeda dengan Yudaisme), St. Paul merupakan tokoh penyebar utama teologi Kristen, tokoh penyebarnya, dan penulis bagian terbesar dari Perjanjian Lama.


Sebaliknya Muhammad bukan saja bertanggung jawab terhadap teologi Islam tapi sekaligus juga terhadap pokok-pokok etika dan moralnya. Tambahan pula dia “pencatat” Kitab Suci Al-Quran, kumpulan wahyu kepada Muhammad yang diyakininya berasal langsung dari Allah. Sebagian terbesar dari wahyu ini disalin dengan penuh kesungguhan selama Muhammad masih hidup dan kemudian dihimpun dalam bentuk yang tak tergoyangkan tak lama sesudah dia wafat. Al-Quran dengan demikian berkaitan erat dengan pandangan-pandangan Muhammad serta ajaran-ajarannya karena dia bersandar pada wahyu Tuhan. Sebaliknya, tak ada satu pun kumpulan yang begitu terperinci dari ajaran-ajaran Isa yang masih dapat dijumpai di masa sekarang. Karena Al-Quran bagi kaum Muslimin sedikit banyak sama pentingnya dengan Injil bagi kaum Nasrani, pengaruh Muhammad dengan perantaraan Al-Quran teramatlah besarnya. Kemungkinan pengaruh Muhammad dalam Islam lebih besar dari pengaruh Isa dan St. Paul dalam dunia Kristen digabung jadi satu. Diukur dari semata mata sudut agama, tampaknya pengaruh Muhammad setara dengan Isa dalam sejarah kemanusiaan.


Lebih jauh dari itu (berbeda dengan Isa) Muhammad bukan semata pemimpin agama tapi juga pemimpin duniawi. Fakta menunjukkan, selaku kekuatan pendorong terhadap gerak penaklukan yang dilakukan bangsa Arab, pengaruh kepemimpinan politiknya berada dalam posisi terdepan sepanjang waktu.


Dari pelbagai peristiwa sejarah, orang bisa saja berkata hal itu bisa terjadi tanpa kepemimpinan khusus dari seseorang yang mengepalai mereka. Misalnya, koloni-koloni di Amerika Selatan mungkin saja bisa membebaskan diri dari kolonialisme Spanyol walau Simon Bolivar tak pernah ada di dunia. Tapi, misal ini tidak berlaku pada gerak penaklukan yang dilakukan bangsa Arab. Tak ada kejadian serupa sebelum Muhammad dan tak ada alasan untuk menyangkal bahwa penaklukan bisa terjadi dan berhasil tanpa Muhammad. Satu-satunya kemiripan dalam hal penaklukan dalam sejarah manusia di abad ke-13 yang sebagian terpokok berkat pengaruh Jengis Khan. Penaklukan ini, walau lebih luas jangkauannya ketimbang apa yang dilakukan bangsa Arab, tidaklah bisa membuktikan kemapanan, dan kini satu-satunya daerah yang diduduki oleh bangsa Mongol hanyalah wilayah yang sama dengan sebelum masa Jengis Khan


Ini jelas menunjukkan beda besar dengan penaklukan yang dilakukan oleh bangsa Arab. Membentang dari Irak hingga Maroko, terbentang rantai bangsa Arab yang bersatu, bukan semata berkat anutan Agama Islam tapi juga dari jurusan bahasa Arabnya, sejarah dan kebudayaan. Posisi sentral Al-Quran di kalangan kaum Muslimin dan tertulisnya dalam bahasa Arab, besar kemungkinan merupakan sebab mengapa bahasa Arab tidak terpecah-pecah ke dalam dialek-dialek yang berantarakan. Jika tidak, boleh jadi sudah akan terjadi di abad ke l3. Perbedaan dan pembagian Arab ke dalam beberapa negara tentu terjadi -tentu saja- dan nyatanya memang begitu, tapi perpecahan yang bersifat sebagian-sebagian itu jangan lantas membuat kita alpa bahwa persatuan mereka masih berwujud. Tapi, baik Iran maupun Indonesia yang kedua-duanya negeri berpenduduk Muslimin dan keduanya penghasil minyak, tidak ikut bergabung dalam sikap embargo minyak pada musim dingin tahun 1973 – 1974. Sebaliknya bukanlah barang kebetulan jika semua negara Arab, semata-mata negara Arab, yang mengambil langkah embargo minyak.


Jadi, dapatlah kita saksikan, penaklukan yang dilakukan bangsa Arab di abad ke-7 terus memainkan peranan penting dalam sejarah ummat manusia hingga saat ini. Dari segi inilah saya menilai adanya kombinasi tak terbandingkan antara segi agama dan segi duniawi yang melekat pada pengaruh diri Muhammad sehingga saya menganggap Muhammad dalam arti pribadi adalah manusia yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia.


——————————————————————————–

Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Michael H. Hart, 1978

Terjemahan H. Mahbub Djunaidi, 1982

PT. Dunia Pustaka Jaya

Jln. Kramat II, No. 31A

Jakarta Pusat


dipublikasi juga di Training Motivasi



Nabi Muhammad dalam urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh



Nabi Muhammad dalam urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh

Pendaftaran Unissula

Pendaftaran FE Unissula


 


050313 0500 PENDAFTARAN1 300x266 Pendaftaran Unissula

Pendaftaran Unissula



FAKULTAS EKONOMI UNISSULA SEMARANG


MEMBUKA PENDAFTARAN


MAHASISWA BARU TA. 2013 2014


JURUSAN


S1- AKUNTANSI


S1 – MANAGEMENT


D3 – Akuntansi


S2 – MAGISTER MANAGEMENT


INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :


PENDAFTARAN FE UNISSULA :


0 888 06471 083 – BAYU /sms ok.


Sekilas Program Studi Akuntansi


Program Studi Akuntansi berdiri tahun 1990 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No: 0382/0/1990. Kemudian pada bulan Agustus 1998, Program Studi Akuntansi mendapat status Diakui berdasarkan SK Dirjen Dikti No: 272/DIKTI/Kep/1998. Pada tahun 2000 Program Akuntansi mendapat status Terakreditasi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen kebudayaan RI dengan SK No:006/BAN-PT/Ak-IV/V/2000. Pada tahun 2006 program studi Akuntansi tetap mempertahankan status Akreditasinya dengan nilai A dari Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK: 028/BAN-PT/Ak-IX/S1/I/2006. Kemudian pada tahun 2011 program studi Akuntansi tetap mempertahankan status Akreditasinya dengan nilai A dari Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No: 035/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XI/2011.


Sejak berdiri sampai sekarang Program Studi Akuntansi telah meluluskan 1557 sarjana dari 7078 sarjana yang telah diluluskan Fakultas Ekonomi. Hingga saat ini alumni Akuntansi telah bekerja di berbagai bidang, baik di instansi pemerintah, swasta maupun menjadi wiraswsta. Untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja lulusan Akuntansi, saat ini Program studi Akuntansi telah mengembangkan tiga konsentrasi, yaitu:


  • Akuntansi Keuangan Internasional

  • Akuntansi Perbankan Syariah

  • Akuntansi Sektor Publik

Lakukan Pendaftaran FE Unissula Jika Akuntansi adalah PASSION anda


 


Sekilas Program Studi Manajemen


Program Studi Manajemen berdiri tahun 1964 dan hingga saat ini telah berumur 36 tahun. Sejak berdiri sampai sekarang program studi telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mengalami perkembangan status dari DIKTI, mulai dari status terdaftar tahun 1984, kemudian mengalami kenaikan status menjadi diakui tahun 1986 dan status disamakan dicapai tahun 1994. Seiring dengan perubahan peraturan DIKTI dan kemandirian Program Studi maka sejak tahun 2006 program studi Manajemen telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A, kemudian pada tahun 2011 program studi Manajemen tetap mempertahankan status Akreditasinya dengan nilai A dari Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No: 001/BAN-PT/Ak-XV/S1/IV/2012


Dalam rangka mecerdaskan bangsa Program Studi Manajemen sampai saat ini telah meluluskan sebanyak 3423 orang, dan telah bekerja di berbagai bidang, baik di instansi pemerintah, swasta maupun menjadi wirausaha. Dalam mendukung tercapainya visi dan misi mulai tahun 2010 telah memasuki era baru yaitu Word Class Islamic Cyber Univercity. Program Studi Manajemen sampai saat ini memiliki tenaga pengajar yang berpedidikan S2 dan S3 sebesar 99 %, dan sampai saat ini Program studi Manajemen telah memiliki lima konsentrasi, yaitu : 1). Manajemen Keuangan Syariah 2). Manajemen Pemasaran 3). Manajemen Keuangan 4) Manajemen Sumber Daya Manusia dan 5) Manajemen Operasional.


Lakukan Pendaftaran FE Unissula Jika Management adalah PASSION anda


 


Sekilas Program Studi D3


Program Studi D3 (Diploma Tiga) Akuntansi Fakultas Ekonomi Unissula telah terkreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK Nomor: 018/BAN-PT/Ak-/D-III/VII/2012


 


JALUR PENDIDIKAN AKADEMIK


Program Diploma 3 (D3) Fakultas Ekonomi Unissula menyelenggarakan jenjang pendidikan profesi dengan dua program studi, yaitu manajemen dan akuntansi. Jalur pendidikan profesi Program D3 ini memiliki ketentuan kurikulum 60:40, artinya 60% untuk praktek dan 40% teori, sehingga alumnus program ini benar-benar memiliki ketrampilan teknis dan intelektual di bidang manajemen dan atau akuntansi.


 


Bisa Juga klik di Pendaftaran Unissula Semarang


 


 



Pendaftaran Unissula



Pendaftaran Unissula

PENDAFTARAN FE UNISSULA


 


050313 0500 PENDAFTARAN1



 


FAKULTAS EKONOMI UNISSULA SEMARANG


MEMBUKA PENDAFTARAN


MAHASISWA BARU TA. 2013 2014



 


JURUSAN


S1- AKUNTANSI


S1 – MANAGEMENT


D3 – MANAGEMENT


S2 – MAGISTER MANAGEMENT



 


INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :



PENDAFTARAN FE UNISSULA : 0 888 06471 083 – BAYU /sms ok.



 



 


Sekilas Program Studi Akuntansi


Program Studi Akuntansi berdiri tahun 1990 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No: 0382/0/1990. Kemudian pada bulan Agustus 1998, Program Studi Akuntansi mendapat status Diakui berdasarkan SK Dirjen Dikti No: 272/DIKTI/Kep/1998. Pada tahun 2000 Program Akuntansi mendapat status Terakreditasi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen kebudayaan RI dengan SK No:006/BAN-PT/Ak-IV/V/2000. Pada tahun 2006 program studi Akuntansi tetap mempertahankan status Akreditasinya dengan nilai A dari Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK: 028/BAN-PT/Ak-IX/S1/I/2006. Kemudian pada tahun 2011 program studi Akuntansi tetap mempertahankan status Akreditasinya dengan nilai A dari Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No: 035/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XI/2011.


Sejak berdiri sampai sekarang Program Studi Akuntansi telah meluluskan 1557 sarjana dari 7078 sarjana yang telah diluluskan Fakultas Ekonomi. Hingga saat ini alumni Akuntansi telah bekerja di berbagai bidang, baik di instansi pemerintah, swasta maupun menjadi wiraswsta. Untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja lulusan Akuntansi, saat ini Program studi Akuntansi telah mengembangkan tiga konsentrasi, yaitu:


  • Akuntansi Keuangan Internasional

  • Akuntansi Perbankan Syariah

  • Akuntansi Sektor Publik


 


Sekilas Program Studi Manajemen


Program Studi Manajemen berdiri tahun 1964 dan hingga saat ini telah berumur 36 tahun. Sejak berdiri sampai sekarang program studi telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mengalami perkembangan status dari DIKTI, mulai dari status terdaftar tahun 1984, kemudian mengalami kenaikan status menjadi diakui tahun 1986 dan status disamakan dicapai tahun 1994. Seiring dengan perubahan peraturan DIKTI dan kemandirian Program Studi maka sejak tahun 2006 program studi Manajemen telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A, kemudian pada tahun 2011 program studi Manajemen tetap mempertahankan status Akreditasinya dengan nilai A dari Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No: 001/BAN-PT/Ak-XV/S1/IV/2012


Dalam rangka mecerdaskan bangsa Program Studi Manajemen sampai saat ini telah meluluskan sebanyak 3423 orang, dan telah bekerja di berbagai bidang, baik di instansi pemerintah, swasta maupun menjadi wirausaha. Dalam mendukung tercapainya visi dan misi mulai tahun 2010 telah memasuki era baru yaitu Word Class
Islamic Cyber Univercity. Program Studi Manajemen sampai saat ini memiliki tenaga pengajar yang berpedidikan S2 dan S3 sebesar 99 %, dan sampai saat ini Program studi Manajemen telah memiliki lima konsentrasi, yaitu : 1). Manajemen Keuangan Syariah 2). Manajemen Pemasaran 3). Manajemen Keuangan 4) Manajemen Sumber Daya Manusia dan 5) Manajemen Operasional.



 



PENDAFTARAN FE UNISSULA



PENDAFTARAN FE UNISSULA

Pelatihan Kerja sebagai alternatif kegiatan saat liburan

 Pelatihan Kerja saat libur tiba


Disaat akhir semester genap, setiap kampus meliburkan mahasiswanya di saat ini pula terjadi pergantian tahun ajaran baru. Hari libur pada masa liburan seperti ini lebih panjang daripada liburan di tengah tahun ajaran (akhir semester gasal). Sebagian mahasiswa memanfaatkan liburan di masa ini untuk mudik ke kampong halaman, sebagaian yang lainnya melakukan kegiatan luar kampus seperti camping, hiking, atau sekedar kegiatan keorganisasian. Dan apa pula sebagaian mahasiswa yang di saat liburan ini memilih untuk melakukan Pelatihan Kerja atau lebih kerennya dikatakan sebagai magang kerja.


Training Center 300x161 Pelatihan Kerja sebagai alternatif kegiatan saat liburan

Pelatihan Kerja / Magang



Mengingat masa liburan akhir tahun ajaran ini berkisar antara 5 hingga 8 minggu memungkinkan untuk para mahasiswa melakukan pelatihan kerja semaksimal mungkin, dengan tujuan untuk memberi pengertian dan pemahaman lebih akan dunia keprofesian mereka atau dunia kerja mereka kelak pasca kelulusan nanti. Magang atau pelatihan kerja di sini dilakukan bukan bertujuan untuk mendapatkan uang saku akan tetapi untuk mendapatkan pengalaman kerja walau jika dihitung masa kerja hanyalah 2 bulan saja, akan tetapi hal ini cukup bisa menjadikan mereka (para pelaku pelatihan kerja) berbeda dan lebih unggul dibandingkan teman temannya lainnya di kampus mereka.


Pelatihan Kerja yang kini kian popular


Saat ini tidak sedikit perusahaan besar, nasional bahkan multinasional menerapkan peraturan untuk mewajibkan setiap perusahaan dan anak perusahaan yang terintegrasi didalam korporasinya untuk menyediakan beberapa fungsi yang ditujukan untuk kaum berkebutuhan khusus, untuk magang dan beberapa fungsi yang ditujukan untuk mahasiswa ataupun siswa yang sedang pelatihan kerja / magang. Dengan adanya kebijakan ini maka semakin mudah saja jika untuk mengisi liburan panjang para mahasiswa mempergunakan waktunya untuk menambah skills dan soft skills mereka dengan mengikuti magang / pelatihan kerja di perusahaan / korporasi yang segaris dan sesuai dengan bidang studi yang mereka pelajari di kampus.


Pelatihan Kerja bukan hanya untuk uang semata


Walaupun pelatihan kerja / magang ini tidak bertujuan untuk mendapatkan uang gaji, upah atau kompensasi lainnya, akan tetapi tidak sedikit pula perusahaan yang bersedia di tempati magang ini menyediakan beberapa rupiah sebagai konpensasi atas fungsi yang mereka (mahasiswa magang) lakukan secara professional.


Pelatihan Kerja pintu masuk bekerja tanpa melamar kerja


Saat kegiatan pelatihan kerja dilakukan dengan sungguh sungguh dan sang pelaku (mahasiswa) menunjukkan kelebihan dan kepiawaian nya dalam melakukan suatu tugas dan fungsi tertentu dan membuat beberapa senior (relasi kerja/karyawan tempat magang) merasa cocok dengan gaya dan ritme kerja sang Pemagang, sangatlah mungkin mereka akan dipertahankan untuk bekerja di sana dan diberikan jaminan untuk bisa dijadikan karyawan tetap saat sudah dinyatakan lulus kuliah, bahkan tidak perlu melalui prosedur lamaran kerja yang bertele tele itu.


Berkaitan satu dan lain hal, sangatlah tidak tepat jika masih ada alas an untuk para mahasiswa tidak melalukan pelatihan kerja / magang sebelum mereka dinyatakan lulus kuliah dan diwisuda.


 


# Gerakan Sudah Kerja Sebelum Wisuda #



Pelatihan Kerja sebagai alternatif kegiatan saat liburan



Pelatihan Kerja sebagai alternatif kegiatan saat liburan