Training Marketing HandalTraining MotivasiTraining OutboundJual Kayu Khusus FirewalkTraining Entrepreneur
                             

Sunday, May 5, 2013

Pelatihan Kerja sebagai alternatif kegiatan saat liburan

 Pelatihan Kerja saat libur tiba


Disaat akhir semester genap, setiap kampus meliburkan mahasiswanya di saat ini pula terjadi pergantian tahun ajaran baru. Hari libur pada masa liburan seperti ini lebih panjang daripada liburan di tengah tahun ajaran (akhir semester gasal). Sebagian mahasiswa memanfaatkan liburan di masa ini untuk mudik ke kampong halaman, sebagaian yang lainnya melakukan kegiatan luar kampus seperti camping, hiking, atau sekedar kegiatan keorganisasian. Dan apa pula sebagaian mahasiswa yang di saat liburan ini memilih untuk melakukan Pelatihan Kerja atau lebih kerennya dikatakan sebagai magang kerja.


Training Center 300x161 Pelatihan Kerja sebagai alternatif kegiatan saat liburan

Pelatihan Kerja / Magang



Mengingat masa liburan akhir tahun ajaran ini berkisar antara 5 hingga 8 minggu memungkinkan untuk para mahasiswa melakukan pelatihan kerja semaksimal mungkin, dengan tujuan untuk memberi pengertian dan pemahaman lebih akan dunia keprofesian mereka atau dunia kerja mereka kelak pasca kelulusan nanti. Magang atau pelatihan kerja di sini dilakukan bukan bertujuan untuk mendapatkan uang saku akan tetapi untuk mendapatkan pengalaman kerja walau jika dihitung masa kerja hanyalah 2 bulan saja, akan tetapi hal ini cukup bisa menjadikan mereka (para pelaku pelatihan kerja) berbeda dan lebih unggul dibandingkan teman temannya lainnya di kampus mereka.


Pelatihan Kerja yang kini kian popular


Saat ini tidak sedikit perusahaan besar, nasional bahkan multinasional menerapkan peraturan untuk mewajibkan setiap perusahaan dan anak perusahaan yang terintegrasi didalam korporasinya untuk menyediakan beberapa fungsi yang ditujukan untuk kaum berkebutuhan khusus, untuk magang dan beberapa fungsi yang ditujukan untuk mahasiswa ataupun siswa yang sedang pelatihan kerja / magang. Dengan adanya kebijakan ini maka semakin mudah saja jika untuk mengisi liburan panjang para mahasiswa mempergunakan waktunya untuk menambah skills dan soft skills mereka dengan mengikuti magang / pelatihan kerja di perusahaan / korporasi yang segaris dan sesuai dengan bidang studi yang mereka pelajari di kampus.


Pelatihan Kerja bukan hanya untuk uang semata


Walaupun pelatihan kerja / magang ini tidak bertujuan untuk mendapatkan uang gaji, upah atau kompensasi lainnya, akan tetapi tidak sedikit pula perusahaan yang bersedia di tempati magang ini menyediakan beberapa rupiah sebagai konpensasi atas fungsi yang mereka (mahasiswa magang) lakukan secara professional.


Pelatihan Kerja pintu masuk bekerja tanpa melamar kerja


Saat kegiatan pelatihan kerja dilakukan dengan sungguh sungguh dan sang pelaku (mahasiswa) menunjukkan kelebihan dan kepiawaian nya dalam melakukan suatu tugas dan fungsi tertentu dan membuat beberapa senior (relasi kerja/karyawan tempat magang) merasa cocok dengan gaya dan ritme kerja sang Pemagang, sangatlah mungkin mereka akan dipertahankan untuk bekerja di sana dan diberikan jaminan untuk bisa dijadikan karyawan tetap saat sudah dinyatakan lulus kuliah, bahkan tidak perlu melalui prosedur lamaran kerja yang bertele tele itu.


Berkaitan satu dan lain hal, sangatlah tidak tepat jika masih ada alas an untuk para mahasiswa tidak melalukan pelatihan kerja / magang sebelum mereka dinyatakan lulus kuliah dan diwisuda.


 


# Gerakan Sudah Kerja Sebelum Wisuda #



Pelatihan Kerja sebagai alternatif kegiatan saat liburan



Pelatihan Kerja sebagai alternatif kegiatan saat liburan

No comments:

Post a Comment